Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Skripsi

29 Agustus 2011

Contoh Abstrak Skripsi Novel

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?


Karya-karya sastra mempunyai nilai positif yang dapat diambil manfaatnya untuk dikaji, lebih-lebih untuk pendidikan rohani manusia. Untuk itulah kita harus mengadakan suatu apresiasi karya sastra dan mengambil langkah-langkah dengan cara menganalisa hasil karya sastra tersebut. Salah satu bentuk penngkajian karya sastra yaitu dengan melihat sudut pandang penceritaan terhadap karya sastra itu sendiri. Dari latar belakang inilah yang menarik penulis menyusun skripsi dengan judul “Sudut Pandang Penceritaan Novel Salah Pilih Karya Nur Sutan Iskandar”
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara objektif tentang sudut pandang novel “Salah Pilih” karya Nur Sutan Iskandar, diharapkan dapat mengambil amanat sebagai pelajaran hidup sekaligus menambah wawasan serta pengalaman yang lebih luas, agar kita senantiasa mawas diri dalam bertindak. Dalam penelitian karya sastra “ Salah Pilih” metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan atau melukiskan gejala dan fakta secara sistematis.
Hasil penelitian yang didapat Sudut pandang fisik yang meliputi waktu dan ruang yang ditampilkan dalam novel “Salah Pilih” ini menampilkan waktu masa lalu seperti ketika Asnah diangkat sebagai anak tepatnya ketika ibu Asniah baru bersalin dua bulan lamanya yaitu melahirkan Asniah.kemudian waktu saat cetita ini dibuat. Sedangkan ruang dipakai dalam novel “Salah Pilih” diantaranya tempat tidur, tanah gayo, rumah gedung, dapur, kebun buah buahan, sawah, surau serta kapal diteluk bayur. Hal ini tampak dari beberapa contoh rekaman data diatas
Sudut pandang mental yang meliputi perasaan dan sikap didapat bahwa perasaan yang ditunjukkan pengarang terhadap cerita dalam novel “Salah Pilih” adalah perasaan kasih sayang, benci, cemburu dan dendam terhadap permasalahan yang dihadapi tokoh cerita dan yang telah dibangkitkan oleh pengarang. Sedangkan sikap yang dikembangkan pengarang dalam novel salah pilih adalah sikap baik terhadap teman seperti yang ditunjukkan Asri  Selain sikap baik yang ditunjukkan pengarang dalam novel “Salah Pilih” karya Nur sutan iskandar ada sikap tidak baik yang ditunjukkan tokoh Saniah sebagi tokoh antagonis
Sudut pandang pribadi  posisi pengarang menggunakan sudut pandang Impersional, ia sama sekali berdiri di luar cerita. Ia serba melihat, serba mendengar, serba tahu (author omniscient). Ia dapat melihat sampai ke dalam pikiran tokoh, dan mampu mengisahkan rahasia batin yang paling dalam dari tokoh. Sudut pandang Impersional “Dia” digunakan dalam pengisahan ceritera dengan gaya “dia”. Narrator atau pencerita adalah seseorang yang menampilkan tokoh-tokoh ceritera dengan menyebut nama, misalnya Asri, Asnah dan Saniah atau penggunaan kata ganti seperti: ia, dia, mereka. Nama-nama tokoh ceritera, khususnya yang utama kerap atau terus menerus disebut dan sebagai variasi, pengarang menggunakan kata ganti.
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaan bagi pembaca untuk dapat mengambil hikmah dari hasil penelitian ini dimana hidup harus memiliki prinsip yang kuat dan konsekwen dalam menghadapi resiko atas prinsip tersebut. untuk penelitian selajutnya dapat dijadikan acuan pada jenis penelitian yang lain atau sebagai bahan perbandingan antara sastra yang satu dengan yang lain.
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Judul Skripsi - Kumpulan Contoh Skripsi dan Makalah Pendidikan Bahasa Indonesia di inbox anda:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Blogger Template | Modified by Cara Membuat Blog