Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Skripsi

22 Juli 2011

ANALISIS SIKAP SOSIAL DALAM CERPEN LELAKI HUJAN KARYA WINCE SINDRIA DENGAN KAJIAN PSIKOLOGI SOSIAL

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Karya sastra merupakan hasil cipta sastrawan yang berisi gagasan, ide, dan pemikiran mengenai suatu gejala dan peristiwa kehidupan yang diwujudkan dalam bentuk bahasa. Gagasan tersebut berangkat dari perenungan yang mendalam yang didasari kepekaan jiwa yang bersih dalam memandang jiwa yang universal.
Sebagai sebuah hasil cipta, karya fiksi menawarkan permasalahan manusia dan kemanusiaan, hidup dan kehidupan. Oleh karena itu, fiksi menurut Albenbernd dan Lewis (dalam Nurgiyantoro, 2005 : 2), dapat diartikan sebagai ”prosa naratif” yang bersifat imajinatif, namun biasanya masuk akal dan mengandung kebenaran yang mendramatisasikan hubungan-hubungan antar manusia.
Fiksi menceritakan berbagai masalah kehidupan manusia dalam interaksinya dengan lingkungan, dan sesama interaksinya dengan diri sendiri, serta interaksinya dengan Tuhan. Fiksi merupakan hasil dialog, kontemplasi, dan reaksi pengarang terhadap lingkungan dan kehidupan.
Walau berupa khayalan, tidak benar jika karya fiksi dianggap sebagai hasil kerja lamunan belaka, melainkan penghayatan dan perenungan secara intens, perenungan terhadap hakikat hidup dan kehidupan, perenungan yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Karya Fiksi merupakan karya imajinatif dengan penuh dilandasi kesadaran dan tanggung jawab dari segi kreativitas sebagai karya seni.
Dari pendapat tersebut jelaslah bahwa manusia adalah makhluk dengan segala macam keanekaragaman baik dari sikap sosial maupun sikap terhadap gejala-gejala kejiwaan lainnya. Nurhadi (1987 : 144) menegaskan bahwa psikologi dapat diikutsertakan dalam studi sastra, sebab jiwa manusia merupakan sumber dari segala ilmu.
Psikologi dan sastra mempunyai hubungan fungsional, yakni sama-sama berguna untuk sarana mempelajari kejiwaan orang lain, hanya perbedaannya adalah gejala kejiwaan yang ada dalam karya sastra yakni gejala kejiwaan manusia imajiner, sedangkan gejala kejiwaan psikologi adalah manusia nyata. Namun keduanya saling mengisi untuk memperoleh pemahaman yang mendalam terhadap kejiwaan manusia.
Menurut Goldman (dalam Faruk, 1999 : 17), mengemukakan dua pendapat mengenai karya sastra pada umumnya.
Pertama, bahwa karya sastra merupakan ekspresi pandangan dunia secara imajiner. Kedua, bahwa dalam usahanya mengaplikasikan pandangan dunia itu pengarang menciptakan semesta tokoh-tokoh, objek-objek, dan relasi secara imajiner.

Sebuah karya sastra merupakan ”teks” hal ini berlaku pada setiap bentuk karya sastra. Dalam dunia cerita pendek dan novel kita juga melihat atau menemukan hal-hal yang ingin kita cari mengenai sikap sosial dari tokoh
yang ada dalam cerita pendek dan novel berdasarkan teks-teks yang ada.
Teks karya sastra itu sendiri merupakan bagian dari keseluruhan yang lebih besar, yang membuatnya menjadi struktur yang berarti.
Cerita pendek dan novel tidak akan pernah lepas dari apa yang disebut sikap karena sebuah cerita dikatakan menarik apabila didalamnya terkandung sikap baik sikap sosial, sikap humor dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini penulis sengaja menyajikan sebuah cerpen karya Wince Sindria yang berjudul Lelaki Hujan yang didalamnya mengandung banyak sikap yang berhubungan dengan kehidupan sosial yaitu sikap sosial yang timbul dan dirasakan oleh tokoh itu sendiri.
”Lelaki Hujan” merupakan salah satu kumpulan cerpen terbaik karya
Wince Sindria. Tema dan permasalahan yang terjadi dalam cerpen ini dikupas secara sederhana namun cukup mengandung arti.
Dalam hal itu pengarang nampak cenderung, merenungkan tema-tema kecil. Namun amat penting, bagi kehidupan seseorang. Beraneka ragam
gejala-gejala kejiwaan yang terjadi dan dialami tokoh utama. Cerpen ini menggambarkan gejala-gejala kejiwaan melalui sikap-sikap yang dialami manusia selama menjalani predikatnya sebagai manusia.
Berangkat dari hal di atas, maka penulis tertarik untuk meneliti
sikap-sikap yang dialami oleh manusia. Dan sangatlah tepat bila penulis menghadirkan salah satu karya wince Sindria yang tampak memenuhi kebutuhan dan keinginan penulis. Sehingga penulis mengangkat judul ”Analisis Sikap Sosial dalam cerpen Lelaki Hujan Karya Wince Sindria dengan kajian Psikologi Sosial”.


B.     Permasalahan
1.   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut : ”Bagimanakah sikap sosial yang dialami tokoh dalam cerpen Lelaki Hujan karya Wince Sindria dengan Kajian Psikologi Sosial”.
2.   Penegasan Konsep Variabel
Kesalahan persepsi dan perbedaan konsep tentang suatu objek dapat menjadi kendala dalam membicarakan dan menyimpulkan suatu objek tersebut, maka dari itu perlu penegasan konsep variabel dalam tulisan ini.
Sikap sosial yang dimaksud adalah tindakan dan kesediaan bereaksi terhadap suatu hal dalam situasi sosial (dalam Walgito, 1999 : 110)
Adapun cerpen ”Lelaki Hujan” merupakan salah satu kumpulan cerpen karya Wince Sindria yang dimuat dalam buku berjudul Lelaki Hujan.
3.   Deskripsi Masalah
Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, dan penegasan konsep variabel sebelumnya, maka penulis mendeskripsikan masalah sebagai berikut :
Cerpen sebagai hasil cipta yang kreatif, di dalamnya menceritakan berbagai masalah kehidupan manusia interaksinya dengan lingkungan, sesama dan diri sendiri dalam situasi sosial. Di dalam penceritaannya pun tidak lepas dari pesan tokoh dan penokohan yang diciptakan oleh pengarang. Melalui tokoh tersebut pengarang memberikan gambaran tentang gejala kejiwaan yang terjadi dalam kehidupan agar cerita lebih hidup
Psikologi merupakan ilmu yang memepelajari tentang berbagai masalah kejiwaan manusia serta tingkah laku yang ditimbulkannya dalam hubungannya dengan keadaan sekitar. Dalam hal ini dengan tingkah laku yang ditimbulkan dalam hubungannya dengan keadaan sekitar adalah tingkah laku atau sikap yang terjadi tersebut dialami dalam situasi sosial yang ada dalam masyarakat. Oleh karena itu, gejala-gejala kejiwaan yang berupa tingkah laku atau sikap yang terjadi dalam situasi disebut psikologi sosial.
(dalam Walgito 1999 : 6).
Dalam psikologi sosial, peristiwa-peristiwa kejiwaan yang bersifat rohaniah menurut Bimo Walgito (1999 : 13-107) ada 8 macam peristiwa jiwa yaitu : persepsi sosial, interaksi sosial, komunikasi, kelompok, prasangka, kepemimpinan, massa, dan sikap sosial.
Selain peristiwa-peristiwa kejiwaan yang bersifat rohaniah.
Bimo Walgito mencoba mempersentasikan tentang struktur pembentuk sikap sosial yang terdiri dari tiga kompenen yaitu :
a)      Komponen Kognitif (komponen perceptual)
Komponen yang berkaitan dengan pengetahuan, pandangan, keyakinan yaitu hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana orang mempersepsi terhadap objek sikap dalam situasi sosial.
b)      Kompenen Afektif (komponen emosional)
Komponen yang berhubungan dengan rasa senang atau tidak senang terhadap objek sikap.

c)      Komponen Konatif (komponen perilaku atau action component)
Komponen yang berhubungan dengan kecenderungan bertindak terhadap objek sikap dalam situasi sosial. Komponen ini menunjukkan intensitas sikap yaitu menunjukkan besar kecilnya kecenderungan bertindak atau berprilaku seseorang terhadap objek sikap dalam situasi sosial.
4.   Pembatasan Masalah
Melihat luasnya masalah yang ada sedangkan waktu dan tenaga yang tersedia sangat terbatas, maka analsis sikap sosial dalam cerpen Lelaki Hujan karya Wince Sindria dengan kajian psikologi sosial dibatasi pada :
1.  Tokoh yang dimaksud adalah Andi sebagai pelaku utama dalam cerpen Lelaki Hujan karya Wince Sindria.
2.  Psikologi sosial tokoh dibatasi pada sikap sosial tokoh yang dianalisis berdasarkan tiga aspek struktur pembentukan sikap sosial menurut Bimo Walgito. 
3.  Cerpen yang dimaksud adalah cerpen ”Lelaki Hujan” karya Wince Sindria.

C.     TUJUAN PENELITIAN
1.      Secara Umum
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang objek tentang sikap sosial yang ada dalam cerpen Lelaki Hujan karya
Wince Sindria.


2.      Secara khusus
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang objektif tentang tokoh utama yang ada cerpen lelaki hujan karya Wince Sindria.

D.    Asumsi
Penelitian ini berdasarkan pada sejumlah asumsi yakni sebagai
berikut:
1)    Karya sastra (cerpen) yang diciptakan oleh Wince Sindria mencerminkan aspek sikap sosial yang dialami tokohnya sehingga menarik untuk dikaji dengan menggunakan disiplin psikolog sosial.
2)    Manfaat pandekatan psikologi sosial sangat tepat digunakan untuk mengungkapkan sikap sosial tokoh utama dalam Lelaki Hujan karya Wince Sindria.

E.     Pentingnya Penelitian
Penelitian ini penting karena hasilnya berguna dagi :
1)      Guru bahasa dan sastra indonesia, yaitu sebagai bahan tambahan untuk memperkarya materi pembelajaran dan mengetahui apa dan bagaimana sebuah sastra itu dimengerti dan dipahami oleh siswa.
2)      Penelitian ini bermanfaat dalam rangka mengembangkan dan memperluas wawasan keilmuan yang telah diperoleh di bangku kuliah.
3)     Para pemerhati dan penikmat karya sastra, hasil penelitian ini bertujuan agar kita dapat merasakan tentang sikap sosial tokoh yang dirasakan oleh
sang tokoh.

F.      Alasan Pemilihan Judul
1)  Alasan Objektif
a)  Permasalahan sikap sosial menjadi suatu permasalahan dan actual dari jaman ke jaman selama kehidupan ini terus berjalan sehingga peneliti mengangkat permasalahan tentang sikap sosial tokoh utama.
b)  Karya-karya Wince Sindria sarat dengan tema-tema kecil tentang kehidupan sehari-hari, tentang manusia dan beberapa sikap sosial yang terjadi dan dialami oleh menusia dalam situasi sosial.
c)   Menurut penelitian kumpulan cerpen lelaki hujan karya Wince Sindria belum pernah dianalisis dari segi sikap sosial yang ada pada tokoh.
2)   Alasan Subjektif
a)   Peneliti ingin mengembangkan pemikiran dan pengalaman dalam kajian psikologi sosial sang tokoh utama dalam cerpen”Lelaki Hujan”
karya Wince Sindria.

G.    Batasan Istilah Dalam Judul
a)      Analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri  serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan (KBBI, 1988 : 32).
b)      Sikap sosial adalah tindakan atau kesediaan beraksi terhadap dalam situasi sosial (dalam Walgito,1999 : 110).
c)      Tokoh yang dimaksud adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita fiksi ( Aminuddin. 1987 : 79).
d)      Psikologi sosial adalah ilmu yang mempelajari aktivitas atau sikap (perilaku) dalam kaitannya dengan situasi sosial (dalam Walgito, 1999 : 8).
e)      Cerpen Lelaki adalah karya sastra berbentuk prosa fiksi yang dimuat dalam kumpulan cerpen Lelaki Hujan karya Wince Sindria dan diterbitkan oleh Gema Insani Press di Jakarta tahun 2003.

H.    Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini adalah Cerpen ”’Lelaki Hujan” karya Wince Sindria yang diterbitkan oleh PN. GEMA INSANI PRESS di jakarta tahun 2003 sebanyak 184 halaman (cetakan pertama).

I.       Sistimatika Penulisan
Untuk memperoleh hasil yang baik maka penulis memberikan kerangka atau komposisi penulisan yang pada dasarnya dibagi menjadi 5 bagian yaitu :
Bab I, Pendahuluan yang berfungsi sebagai pengantar yang terdiri dari : latar belakng, permasalahan yang terdiri dari rumusan masalah, penegasan konsep variabel diskripsi masalah, dan batasan masalah, tujuan pembahasan, asumsi, alasan pemilihan judul, pentingnya penelitian, istilah dalam judul, dan sistematika penulisan.
Bab II, berupa pembahasan kepustakaan, pada bab ini akan diuraikan tentang sikap sosial tokoh utama.
Bab III, berupa metodologi penelitian pada bab ini akan diuraikan metode penelitian yang digunakan oleh peneliti.
Bab IV, berupa analisis data terhadap cerpen yang diteliti yang ditinjau dari aspek psikologi sosial.
Bab V, berupa penutup. Bab ini berisi simpulan terhadap hasil analisis kumpulan cerpen dan saran serta di bagian akhir dicantumkan daftar pustakaan
Tags: Skripsi Analisis Cerpen

DOWNLOAD SELENGKAPNYA

DOWNLOAD SKRIPSI LAINNYA

Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Judul Skripsi - Kumpulan Contoh Skripsi dan Makalah Pendidikan Bahasa Indonesia di inbox anda:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Blogger Template | Modified by Cara Membuat Blog