Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Skripsi

10 Juni 2011

Pengaruh Penguasaan Konsep Operasi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Menentukan Range Dari Suatu Fungsi Kuadrat Siswa Kelas I Semester I SMA (BAB I)

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

BAB I

PENDAHULUAN
 A.        Latar belakang masalah
                   Pendidikan di Indonesia selalu mengalami perubahan secara signifikan, terutama pada kurikulum pendidikannya. Perubahan itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan , baik kualitas materi pelajaran, pembelajaran maupun kualitas lulusannya.
                   Di dalam kehidupan sehari-hari setiap mannusia dalam kedudukan apapun perlu merencanakan,merumuskan dan membuat kesimpulan dalam membuat suatu keputusan berdasarkan tujuan. Proses sistematis tersebut haruslah dilakukan dengan baik sehingga tujuan dapat dicapai secara optimal.
                   Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang berperan dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi ( IPTEK ) yang wajib diberikan kepada anak didik disamping disiplin ilmu lainnya.
                   Di dalam kurikulum pendidikan baik dari tingkat dasar sampai dengan tingkat perguruan tinggi pelajaran matematika diajarkan kepada siswa, bahkan jumlah jam yang diberikan cukup signifikan.Pelajaran matematika yang diajarkan di sekolah adalah matematika sekolah, yaitu matematika yang telah dipilah-pilah dan disesuaikan dengan perkembangan siswa.Mengingat luasnya khasanah matematika dewasa ini jelas tidak mungkin suatu negara manapun untuk memasukkannya secara komprehenship ke dalam kurikulum


sekolahnya.Ini harus ada kemampuan dan keberanian melakukan pemilihan materi pelajaran matematika yang mempunyai dampak positif, baik dalam arti material maupun formal.Untuk itu diperlukan ketajaman melihat orientasi masa depan matematika di sekolah yang harus dapat menopang perkembangan Pendidikan Nasional.
                   Fenomena yang terjadi di dalam pembelajaran matematika di sekolah saat ini adalah banyaknya terdengar keluhan bahwa pelajaran matematika membosankan, tidak menarik bahkan penuh misteri.Ilmu matematika dirasakan sukar,sulit dan tidak nampak kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.Kenyataan ini adalah sebuah persepsi yang negatif terhadap matematika. Sementara itu, ada juga siswa yang sangat menikmati keasyikan bermain dengan matematika,mengagumi keindahan matematika dan tertantang ingin memecahkan setiap soal-soal matematika. Kenyataan ini adalah sebuah persepsi yang positif terhadap matematika. Masalahnya yang terjadi saat ini adalah persepsi negatif lebih banyak daripada persepsi positifnya.
                   Salah satu faktor penyebab ketidakberhasilan belajar siswa dalam pelajaran matematika, karena ia tidak menguasai konsep dasar matematika dengan benar.Konsep dasar matematika merupakan pengetahuan dan kemampuan dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu sebelum mempelajari matematika selanjutnya. Menurut Ausabel ( Hudojo , 1990 : 89 ) seorang psikolog berpendapat bahwa pengetahuan baru yang dipelajari bergantung kepada pengetahuan yang telah dimiliki seseorang.Dengan demikian di dalam belajar matematika, apabila konsep A dan konsep B mendasari konsep C, maka konsep C tidak mungkin dipelajari sebelum konsep A dan konsep B dipelajari terlebih dahulu.
                   Dalam memahami pokok bahasan fungsi kuadrat yang terdapat di kurikulum pendidikan matematika di Sekolah Menengah Umum atau yang sederajat,siswa hendaknya terlebih dahulu memahami konsep yang mendasari pokok bahasan fungsi kuadrat yaitu konsep operasi bentuk aljabar. Di dalam pokok bahasan fungsi kuadrat khususnya dalam menentukan range dari suatu fungsi kuadrat dibutuhkan konsep operasi bentuk aljabar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
                   Bertitik tolak dari uraian di atas,maka ada suatu keinginan dari penulis untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konsep operasi bentuk aljabar terhadap kemampuan menentukan range dari suatu fungsi kuadrat yang akan dituangkan dalam bentuk skripsi dengan judul "Pengaruh Penguasaan Konsep Operasi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Menentukan Range Dari Suatu Fungsi Kuadrat Siswa Kelas I Semester I SMA
B.        Permasalahan
1.    Rumusan masalah
               Bertitik tolak dari latar belakang tersebut, penulis mengangkat permasalahan yang akan dikaji yaitu :
"Adakah Pengaruh Penguasaan Konsep Operasi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Menentukan Range Dari Suatu Fungsi Kuadrat Siswa Kelas I Semester I SMA
2. Penegasan Konsep Variabel
               Sesuai dengan rumusan masalah, maka ada dua jenis variabel  dalam permasalahan ini. Kedua variabel tersebut adalah variabel bebas (variabel X)   dan Variabel terikat ( variabel Y ).
Variabel bebas (Variabel X) adalah variabel yang dalam hubungannya dengan variabel lain bertindak sebagai penyebab atau mempengaruhi variabel lain, sebagai variabel X adalah penguasaan konsep operasi bentuk aljabar . sedangkan variabel terikat (variabel Y ) adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel lain, sebagai variabel Y adalah kemampuan menentukan range dari suatu fungsi kuadrat.
3. Deskripsi Masalah
               Pada variabel bebas (variabel X) yaitu penguasaan konsep operasi bentuk aljabar, penulis mendiskripsikan tentang indikator sebagai obyek pengamatan yang akan mempengaruhi kepada variabel Y, yaitu :
a.       Penjumlahan dan pengurangan suku-suku sejenis.
b.      Perkalian suku dua.
c.      Bentuk kuadrat dari suku dua.
d.      Pemfaktoran dengan bentuk ;
d.1.    ax + ay
d.2.    x2 + 2xy + y2
d.3.    a2 – b2
d.4.    ax2 + bx + c, dengan a = 1
d.5.    ax2 + bx + c, dengan a ¹ 1
               Sedangkan pada variabel terikat (variabel Y) yaitu fungsi kuadrat, penulis mendiskripsikan tentang indikator yang akan dipengaruhi oleh variabel  X, yaitu :
1.           Notasi fungsi.
2.           Menentukan range dari suatu fungsi kuadrat.
3.           Grafik fungsi kuadrat.          
4. Batasan Masalah
               Mengingat luasnya masalah yang terdapat dalam penelitian ini, maka perlu ada pembatasan masalah yang akan dikaji agar diperoleh hasil yang maksimal yaitu :
a.  Variabel bebas (variabel X) yaitu konsep operasi bentuk aljabar dibatasi pada :
a.1.    Penjumlahan dan pengurangan suku-suku sejenis.
a.2.    Perkalian suku dua.
b.  Variabel terikat (variabel Y) yaitu menentukan range dari suatu fungsi  kuadrat.

C. Tujuan penelitian
Setiap kegiatan penelitian bagaimanapun bentuknya pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai, demikian dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah ingin membuktikan ada tidaknya pengaruh penguasaan konsep operasi bentuk aljabar terhadap kemampuan menentukan range dari suatu fungsi kuadrat siswa kelas I semester I SMA.

 

D.        Asumsi

                   Sebagai asumsi ( anggapan dasar ) penulis dalam penelitian ini adalah :
1.  Bahwa siswa memiliki rata-rata kemampuan yang sama ( dalam hal ini kemampuan kognitifnya ).
2.  Semua siswa sudah mendapat pembelajaran materi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian suku dua pada pokok bahasan fungsi kuadrat.
3.  Jawaban siswa menggambarkan kemampuan siswa yang sebenarnya.

 

E.        Hipotesis

                   Hipotesis merupakan "jawaban sementara pada masalah yang masih memerlukan pembuktian kebenarannya" ( Arikunto, 1991: 62 ).

                   Hipotesis dalam penelitian ini adalah :

1.    Hipotesis nihil ( H0)
" Tidak Ada Pengaruh Penguasaan Konsep Operasi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Menentukan Range Dari Suatu Fungsi Kuadrat Siswa Kelas I Semester I SMA
2.    Hipotesis kerja ( H1 )
" Ada Pengaruh Penguasaan Konsep Operasi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Menentukan Range Dari Suatu Fungsi Kuadrat Siswa Kelas I Semester I SMA

 

F.        Manfaat penelitian

Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat bermanfaat :
1.    Bagi peneliti
a.  Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penguasaan konsep operasi bentuk aljabar terhadap kemampuan menentukan range dari suatu fungsi kuadrat.
b.  Untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat.
c.  Menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama dalam mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi.
2.  Bagi sekolah yang diteliti
a.  Dapat meningkatkan mutu pelajaran matematika
b.  Dapat memperbaiki bila ada kekurangan dalam pengajaran matematika.
c.  Dijadikan acuan dalam merencanakan program selanjutnya.
d.  Dijadikan literatur ilmiah tambahan.

G. Alasan pemilihan judul

1.    Alasan Objektif
               Judul Pengaruh Penguasaan Konsep Operasi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Menentukan Range Dari Suatu Fungsi Kuadrat Siswa Kelas I Semester I belum ada yang meneliti khususnya di SMA
b.    Alasan Subjektif
1.  Permasalahan yang diteliti sesuai dengan disiplin ilmu dan dalam jangkauan peneliti.
2.  Objek penelitian di   dekat dengan peneliti sehingga akan menghemat waktu, tenaga dan biaya.

H.        Pengertian istilah dalam judul

                   Untuk menghindari kemungkinan terjadinya interpretasi yang kurang tepat akan maksud judul dalam kajian ini, perlu kiranya penulis memberi pengertian beberapa istilah dalam judul sebagai berikut:
Pengaruh adalah :    Data yang ada atau yang timbul dari sesuatu (orang, benda, dan sebagianya) yang berkuasa (Poerwadarminta: 1992).
Konsep adalah    :    -   Ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa kongkrit (Poerwadarminta: 1992).
                                 -   Rancangan (Poerwadarminta, 1990: 456)
Operasi adalah    :    -   Pengerjaan untuk mendapatkan unsur tunggal dari suatu unsur atau beberapa unsur.
Konsep operasi bentuk aljabar dapat diartikan:
Rancangan dari suatu rencana yang menggunakan operasi bentuk aljabar untuk menggambarkan suatu ikatan antara unsur atau beberapa unsur dengan unsur lain yang berbentuk sebuah pernyataan (kalimat ) matematika.
Fungsi Kuadrat adalah : Sebuah fungsi f yang dinyatakan dengan rumus                 f (x) = ax2 + bx + c  dengan a,b,c bilangan Real dan a ¹ 0  ( Wirodikromo, 1995 : 78 ).
Range adalah : himpunan semua peta yang membentuk daerah hasil. ( Daiman, 1994 : 45 )

 

I.          Ruang lingkup penelitian

1.    Ruang Lingkup Area (Wilayah)
Penelitian ini terbatas pada lokasi  SMA   siswa kelas I.
2.    Ruang lingkup materi.
Materi yang akan dijadikan bahan penelitian adalah materi pokok bahasan fungsi kuadrat semester I.

J.         Sistematika penulisan
                   Adapun sistematika dalam penulisan skripsi ini adalah :
BAB.          I           PENDAHULUAN
Berisi tentang ;  latar belakang masalah, permasalahan, tujuan penelitian, asumsi, hipotesis, manfaat penelitian, alasan pemilihan judul, pengertian istilah dalam judul, ruang lingkup penelitian,  dan sistematika penulisan.
BAB.          II          PEMBAHASAN KEPUSTAKAAN
Berisi landasan teori yang meliputi ; Konsep operasi bentuk aljabar, fungsi kuadrat, analisa teoritis pengaruh penguasaan konsep operasi bentuk aljabar terhadap kemampuan menentukan range dari suatu fungsi kuadrat.
BAB           III        METODELOGI PENELITIAN
Berisi penentuan subjek penelitian,teknik pengumpulan data dan teknik analisa data.
BAB           IVLAPORAN EMPIRIS
Berisi tentang tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyajian data.
BAB.          V         ANALISA DATA
Berisi tentang analisis data.
BAB           VI        PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan dan saran-saran

DOWNLOAD SKRIPSI LENGKAP
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Judul Skripsi - Kumpulan Contoh Skripsi dan Makalah Pendidikan Bahasa Indonesia di inbox anda:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Blogger Template | Modified by Cara Membuat Blog