Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Skripsi

10 Juni 2011

Contoh Abstrak Skripsi Kajian Novel: Novel Lupus Kecil “Diam Belum Tentu Emas” karya Hilman dan Boim

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

ABSTRAK SKRIPSI
 Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam kehidupan manusia. Tanpa bahasa komunikasi dalam masyarakat tidak akan berfungsi dengan sempurna. Sebagai sarana komunikasi, bahasa dipergunakan untuk menyatakan dan menyampaikan isi pikiran atau perasaan diantara pemakainya. Bahasa mempunyai fungsi sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri, alat komunikasi, alat integrasi, adaptasi social dan kontrol social (Keraf, 1989:3). Keberagaman bahasa dalam penggunaannya tidak pada  aturan-aturan tertentu. Lebih lanjut Suwito (1983: 22) menyatakan bahwa keberagaman pemakaian bahasa itu ditentukan oleh beberapa factor, diantaranya waktu, tempat, social budaya, situasi, dan medium pengungkapan yang dikuasainya. Variasi bahasa terjadi akibat adanya perbedaan peran social  di dalam masyarakat penuturnya. Penggunan variasi bahasa sebagai sarana komunikasi terikat oleh siatuasi, dan fungsi dalam kontak social. Kridalaksana (1985:12) menyatakan, variasi-variasi bahasa ditentukan oleh factor waktu, factor tempat, factor sosiokultural dan factor situasi.
Mengamati pemakaian ragam bahasa remaja cukup menarik karena didalamya terdapat pemakaian bentuk-bentuk yang khas dan unik yang menampilkan  kekreatifan remaja. Berdasarkan situasi pembicaraannya, ragam bahasa remaja termasuk ragam tidak resmi, sedangkan menurut jenis tingkatnya termasuk ragam akrab yang banyak menggunakan kata-kata khusus antar teman akrab (Nababan, 1991:23).Berdasarkan kenyataan inilah, dipilih novel Lupus Kecil "Diam Belum Tentu Emas" karya Hilman dan Boim yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2003.
Sesuai dengan judul penelitian, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yang dimaksudkan adalah metode yang menggambarkan atau melukiskan fakta-fakta atau gejala-gejala secara sistematis tentang penggunaan ragam bahasa dalam novel Lupus Kecil "Diam Belum Tentu Emas" yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama tahun 2003.
Data dalam penelitian ini dapat dilihat melalui penggunan kosa kata, dilihat dari ciri fonologi,  morfologi yang terdapat di dalam novel Lupus Kecil "Diam Belum Tentu Emas" karya Hilman dan Boim. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah analisis tektual yaitu analisis atau telaah terhadap teks dan penafsirannya yang diambil dalam bentuk korpus data. Pengambilan data tersebut meliputi: (a) Identifikasi data, (b) Klasifikasi data, (c) Deskripsi  data dan (d) Interpretasi data.
Berdasrkan analisis data yang dikerjakan, maka dapat diambil suatu kesimpulan sebagai berikut: (1) Pemakai kosa kata bahasa asing ( alih kode )  banyak dijumpai dalam novel Lupus Kecil "Diam Belum Tentu Emas" fungsi pemakaian kosa kata bahasa Inggris dimaksudkan untuk memberikan kesan trend, karena ada anggapan bahwa bahasa asing terutama bahasa Inggris mempunyai prestise yang tinggi, begitu pula dengan pemakaian kosa kata bahasa daerah banyak pula di jumpai dalam novel Lupus Kecil "Diam Belum Tentu Emas"  terutama kosa kata bahasa Jakarta (dialek Betawi). Adapun fungsi dari pemakaian bahasa Jawa dimaksudkan untuk memberikan suasana santai, kesan akrab, menarik perhatian dan mendekatkan diri kepada penikmat sastra (novel) yang berasal dari berbagai daerah. (2) ciri fonologi dalam novel Lupus Kecil "Diam Belum Tentu Emas" diperlihatkan adanya pelemahan fonem vokal /a/ menjadi fonem vokal /e/, pelemahan fonem vokal /u/ menjadi fonem /o/, monoftongisasi, aferesis dan sinkop. (3) ciri morfologi dalam novel Lupus Kecil "Diam Belum Tentu Emas" ditandai adanya afiksasi, yang meliputi prefiksasi, sufiksasi dan konfiksasi. Prefiksasi menandai ciri morfologi adalah prefik nasal (N) yang direalisasikan dalam bentuk /m/, /n/, /ny/, /ng/. Sufiksasi yang menandai ciri morfologi ciri morfologi dialek Jakarta adalah sufiks /-in/ dan /-an/. Konfiksasi yang menandai ciri morfologi dialek Jakarta adalah konfiks (di-in).
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Judul Skripsi - Kumpulan Contoh Skripsi dan Makalah Pendidikan Bahasa Indonesia di inbox anda:

1 komentar:

Video Musik Dangdut mengatakan...

Diam memang belum tentu emas. kita tidak boleh diam disaat dibutuhkan. Kita harus ngomong kalau tidak ingin dikatakan sombong.

Posting Komentar

 
Design by Blogger Template | Modified by Cara Membuat Blog