Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Skripsi

10 Juni 2011

Contoh Abstrak Skripsi: Analisis Unsur Dikhotomis Kumpulan Puisi Nyanyi Sunyi Karya Amir Hamzah

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

ABSTRAKSI SKRIPSI

Analisis Unsur Dikhotomis
Kumpulan Puisi Nyanyi Sunyi  Karya Amir Hamzah

Puisi merupakan jenis karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun berdasarkan struktur-struktur pembangunnya dengan menggunakan bahasa yang padat sebagai sarana pengungkapan makna secara implisit. Kepadatan bahasa dalam puisi menimbulkan berbagai tafsiran makna yang terkandung di dalamnya.
Puisi dibangun atas dua struktur, yaitu sturuktur lahir (metode) dan struktur batin (hakikat). Struktur lahir puisi terdiri dari; diksi, pengimajian, kata konkrit, bahasa figuratif, versifikasi, dan tatawajah (tipografi). Sedangkan struktur batin puisi terdiri dari; tema, perasaan, nada, dan amanat. Penelitian ini akan mengkaji kumpulan puisi Nyanyi Sunyi  karya Amir Hamzah dari kedua struktur pembangun puisi tersebut dan memfokuskan masalah pada kata konkrit, bahasa figuratif, dan tema. Jadi tujuan penelitian ini antara lain; 1). Memperoleh deskripsi tentang kata konkrit kumpulan puisi Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah, 2). Memperoleh deskripsi tentang berbagai bahasa figuratif yang berkenaan dengan perbandingan, metafora, alegori, personifikasi, dan hiperbola kumpulan puisi Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah, 3). Memperoleh deskripsi tentang tema yang terkandung dalam kumpulan puisi Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah.
Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif, yaitu berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan puisi Nyanyi Sunyi karya Amir Hamzah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi dokumentasi dan teknik antologis berdasarkan fokus kajian, yaitu data disikapi sebagai dokumen pribadi tertulis. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara induktif dan kajian ini secara umum bersifat struktural, yaitu mengkaji puisi berdasarkan struktur-struktur pembangunnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengkajian secara dikhotomis dapat diterapkan dalam menganalisis karya sastra, khususnya puisi. Hal ini mengingat puisi tersusun atas dua struktur, yaitu struktur lahir dan struktur batin, hal ini sebagaimana tergambar dalam penjabaran di atas. Kata konkrit digunakan oleh penyair untuk membangkitkan daya bayang penikmat suatu sajak sehingga para penikmat seolah melihat, mendengar, dan merasa apa yang dilukiskan penyair. Sedangkan bahasa figuratif merupakan upaya penyair untuk menyampaikan sesuatu dengan cara tidak langsung, dengan cara ini, sebuah puisi akan banyak memancarkan banyak makna (tema). Sedangkan tema merupakan suatu pikiran utama yang menjadi dasar sebuah sastra, tema digali dari berbagai sarana pembangun puisi, khususnya pembangun lahirnya.
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Judul Skripsi - Kumpulan Contoh Skripsi dan Makalah Pendidikan Bahasa Indonesia di inbox anda:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Blogger Template | Modified by Cara Membuat Blog