Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Skripsi

10 Juni 2011

Contoh Abstrak Skripsi: Analisis Unsur Makna Wacana Surat Pembaca Rubrik "Metropolis Wacth" dalam Harian Jawa Pos.

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

ABSTRAK SKRIPSI

Analisis Unsur Makna Wacana Surat Pembaca Rubrik "Metropolis Wacth"
dalam Harian Jawa Pos.

Kata Kunci   :  Inferensi, Interpretasi Lokal, Praanggapan.

Penelitian ini di dasarkan pada anggapan bahwa sebuah wacana itu memiliki makna yang akan disampaikan oleh penulisnya baik tersirat maupun tersurat. Dengan asumsi tersebut dimungkinkan adanya penggunaan prinsip-prinsip makna dalam menelaah latar dari munculnya sebuah wacana surat pembaca rubirk "Metropolis Wacth" harian Jawa Pos dimana wacana surat pembaca ini dapat dijadikan sebagai sumber atau bahan otentik untuk materi pembelajaran bahasa berdasarkan pendekatan komunikatif. Dari sinilah muncul permasalahan
Bagaimana makna surat pembaca rubirk "Metropolis Wacth" di tinjau dari sudut inferensi, interpretasi lokal, praanggapan

Melalui rumusan masalah di atas tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi objektif tentang:
1.         Inferensi wacana rubrik "Metropolish Wacth" Harian Jawa Pos
2.         Interpretasi lokal rubrik "Metropolish Wacth" Harian Jawa Pos
3.         Praanggapan rubrik "Metropolish Wacth" Harian Jawa Pos

Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan berikut ini
1.      Berdasarkan analisis makna inferensi ternyata wacana surat pembaca tersebut merupakan sarana penyampaian rasa kecewa terhadap toko, perusahaan, instansi, bahkan juga pada seseorang seperti pada data 1 s.d 17 dan 19 s.d 25 sedangkan data nomor 18 hanya satu-satunya wacana surat pembaca yang terbit dalam bulan Mei 2005 yang menyatakan rasa bangga terhadap suatu instansi jadi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis inferensi makna wacana surat pembaca kebanyakan menyatakan kecewa atas pelayanan yang diberikan.
2.      Berdasarkan prinsip interpretasi lokal yang ada dalam wacana  pastilah setiap wacana didasari oleh konteks yang terdekat dimana dalam hal ini dapat berupa orang perusahaan atau lokasi dan situasi yang sedang dirujuk pada saat itu. Kebanyakan yang juga di dasarkan pada analisis prinsip interpretasi lokal. Lokal yang di maksud adalah tempat atau orang sedangkan konteks suasana atau perasaan jarang muncul.
3.      Berdasarkan analisis praanggapan maka wacana surat pembaca tersebut kemunculannya didukung oleh praanggapan yang kuat untuk menjadi dasar penulisan surat pembaca yang menyampaikan keluhannya, yaitu berupa rasa kecewa, marah, kesal dan yang lainnya.
4.  Upaya-upaya untuk mengetahui makna wacana surat pembaca seperti inferensi, prinsip interpretasi lokal, praanggapan sangat diperlukan walaupun pada umumnya wacana tersebut disusun dengan kalimat yang lengkap dan strukturnya masih formal.
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Judul Skripsi - Kumpulan Contoh Skripsi dan Makalah Pendidikan Bahasa Indonesia di inbox anda:

1 komentar:

yannu fakhrizal mengatakan...

mas ni abstrak dari universitas mana ya..ato skripsi universitas man,,,bls

Posting Komentar

 
Design by Blogger Template | Modified by Cara Membuat Blog