Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Skripsi

05 Mei 2011

REALITAS KEHIDUPAN RUMAH TANGGA DALAM NOVEL “DOSA KITA SEMUA” KARYA MOTINGGO BUSYE (BAB I)

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

 BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Karya sastra merupakan salah satu dari beberapa sarana yang  digunakan  oleh pengarang untuk menyampaikan pesan tentang kisah dari kehidupan manusia sehari-hari melalui bahasa tulis. Dengan karya sastra, kita dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang diri kita, tentang dunia, dan kehidupan kita.
Sumardjo (1997:9) menjelaskan bahwa karya sastra dapat memberikan pada kita penghayatan yang mendalam terhadap apa yang kita ketahui. Pengetahuan yang kita peroleh bersifat penalaran, tetapi pengetahuan itu dapat menjadi hidup dalam sastra. Novel merupakan karya seni yang indah dan merupakan pemenuhan kebutuhan manusia terhadap naluri keindahannya.
Novel tidak ada bedanya dengan karya prosa lainnya. Sikap dan tingkah laku tokoh sangat berpengaruh terhadap pembaca, khususnya dalam penyampaian pesan. Pengarang mengharapkan pembaca dapat mengambil hikmah dari pesan-pesan yang disampaikan, yang diamanatkan (Nurgiyantoro, 1998:321).

1
Novel merupakan suatu cerita yang membicarakan masyarakat dan permasalahannya. Melalui cerita inilah manusia dapat belajar merasakan dan menghayati permasalahan kehidupan sehingga mampu mendorong setiap manusia untuk ikut merenungkan kehidupan yang berhubungan dengan manusia, lingkungan, maupun orang lain yang berlainan jenis serta tingkat intensitasnya, juga tidak terlepas dari hubungan manusia dalam rumah tangga.
Rumah tangga merupakan kelompok sosial yang biasanya berpusat pada suatu keluarga batin, ditambah dengan beberapa warga lain yang tinggal hidup bersama dalam satu rumah, sehingga merupakan kesatuan ke dalam dan ke luar (Solih, 1994:11).
Sebuah rumah tangga dapat dikatakan sejahtera dan bahagia apabila rumah tangga tersebut telah mencapai kesuksesan dalam hidupnya, baik material maupun spiritual. Nilai-nilai kesuksesan tersebut tercermin dalam situasi penuh kebahagiaan dan ketentraman hidup bersama para anggota keluarga. Tampak pula di dalamnya keselarasan, keserasian dan keseimbangan hidup, sehingga dapat menjadi cermin bagi masyarakat sekelilingnya.
Novel “Dosa Kita Semua” karya Motinggo Busye merupakan novel yang mengisahkan  kehancuran rumah tangga dengan berbagai konflik yang timbul. Berkaitan dengan hal di atas dalam penelitian ini penulis berusaha menganalisis kehidupan rumah tangga melalui judul penelitian “Realitas Kehidupan Rumah Tangga dalam Novel Dosa Kita Semua Karya Motinggo Busye”.
B.    Permasalahan
1.    Perumusan Masalah
Berdasarkan  judul  dan uraian latar belakang masalah di atas,  maka  dapat dirumuskan suatu masalah  dalam bentuk kalimat tanya sebagai berikut:
Bagaimanakah Realitas Kehidupan Rumah Tangga dalam Novel “Dosa Kita Semua” Karya Motinggo Busye?
2.    Penegasan Konsep Variabel
Untuk menghindari kesalahan persepsi dan perbedaan konsep variabel yang terdapat pada judul, maka perlu adanya penegasan konsep variabel sebagai batasan operasional. Pada dasarnya, yang dimaksud variabel adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian (Arikunto, 1987:91). Adapun variabel yang ada dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel yakni realitas kehidupan rumah tangga dalam novel Dosa Kita Semua karya Motinggo Busye.
Rumah tangga adalah kelompok sosial yang biasanya berpusat pada suatu keluarga batin, ditambah dengan beberapa warga lain yang tinggal hidup bersama dalam satu rumah, sehingga merupakan kesatuan ke dalam dan ke luar (Solih, 1994:11).
Jadi, yang dimaksud dengan realitas kehidupan rumah tangga dalam novel Dosa Kita Semua adalah gambaran atau rekaman sikap atau tingkah laku yang terjadi dalam rumah tangga dalam novel Dosa Kita Semua karya Motinggo Busye.
3.    Deskripsi Masalah
Sebagai unit sosial terkecil dalam masyarakat, rumah tangga berperan besar dalam menentukan kesejahteraan masyarakat. Rumah tangga sangat besar pengaruhnya terhadap suasana psikis pada anggotanya, apakah sebagai kepala rumah tangga, ibu rumah tangga atau sebagai anak.
Rumah tangga adalah sesuatu yang berkenaan dengan urusan kehidupan di rumah (seperti hal belanja rumah dan sebagainya) (Depdikbud, 1994: 851). Pengertian rumah tangga ada yang berpendapat adalah bangunan rumah dengan segala perabotnya, ada pengertian yang lebih dari itu, yakni adanya suasana yang mengikat angota-anggota keluarga dengan ikatan batin yang halus dan kuat, atau dikatakan pula bahwa rumah tangga ‘house hold’ kelompok sosial yang biasanya berpusat pada suatu keluarga batin, ditambah dengan  beberapa warga lain, yang tinggal dan hidup bersama dalam satu rumah, sehingga merupakan kesatuan ke dalam dan ke luar (Solih, 1994:11).
Rumah tangga bahagia adalah rumah tangga yang berkualitas agar mendapatkan rahmat Allah SWT, maka ada lima aspek pokok kehidupan yang harus dipenuhi, yaitu: (1) terwujudnya suasana kehidupan yang Islami, (2) Terlaksananya pendidikan dalam keluarga, (3) terwujudnya kesehatan keluarga, (4) terwujudnya ekonomi keluarga yang sehat, dan (5) terwujudnya hubungan keluarga yang selaras, serasi, seimbang (BP-4 Prop. Jatim: 1993:13).
4.    Pembatasan Masalah
Masalah yang telah disebutkan dalam deskripsi masalah di atas tidak akan diuraikan secara keseluruhan, mengingat kompleksnya masalah dengan keterbatasan waktu, sarana, dan biaya. Agar pembahasan ini lebih rinci dan detail sehingga diperoleh hasil analisis yang teliti dan seksama maka analisis dibatasi pada terwujudnya hubungan keluarga yang selaras, serasi, seimbang.
C.    Tujuan Pembahasan
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang objektif tentang realitas kehidupan rumah tangga dalam novel Dosa Kita Semua karya Motinggo Busye.
D.    Asumsi
Penelitian ini didasarkan pada sejumlah asumsi sebagai berikut :
1.     Semua karya sastra yang berbentuk novel menggambarkan pengalaman peristiwa yang terjadi sehari-hari yang bersifat kebetulan dan dialami oleh sang tokoh.
2.     Novel  Dosa Kita Semua menggambarkan kehidupan sebuah keluarga yang terjadi dalam rumah tangga, sehingga dalam novel ini dikaji realitas kehidupan rumah tangga.
E.     Manfaat  Penelitian
Penelitian ini penting karena hasilnya bermanfaat:
a.     Memberikan wawasan yang objektif terhadap pengkajian sastra, sehingga mampu memberikan pengetahuan tentang keilmuan, pemahaman, dan penghayatan sebuah karya sastra khususnya tentang konflik keluarga.
b.     Referensi bagi kegiatan apresiasi sastra khususnya karya sastra.
c.      Memberikan bimbingan bagi keluarga tentang kehidupan rumah tangga.
F.     Alasan Pemilihan Judul
1.    Alasan Objektif
a.       Dosa Kita Semua merupakan salah satu dari sekian banyak novel karya Motinggo Busye yang mempunyai daya tarik tersendiri ditinjau dari realitas kehidupan rumah tangga, sehingga sangat menarik untuk diteliti
b.      Untuk mengembangkan kajian karya sastra, dalam hal ini novel Dosa Kita Semua karya Motinggo Busye.


2.    Alasan Subjektif
a.     Menurut peneliti masalah ini belum pernah diteliti, sehingga peneliti merasa tertarik untuk menganalisis novel Dosa Kita Semua karya Motinggo Busye.
b.     Peneliti ingin mengembangkan pemikiran dalam memahami sebuah karya satra khususnya prosa.
c.      Peneliti menemukan banyak literatur yang relevan sehingga memudahkan peneliti untuk mengadakan penelitian
G.          Pengertian Istilah dalam Judul
Pengertian  istilah  dalam judul ini dimaksudkan agar tidak  terjadi  salah tafsir  atau  salah persepsi terhadap pokok-pokok masalah, juga  untuk menghindari  meluasnya  masalah  yang akan dibahas  dalam  penelitian  ini.
Bebarapa istilah penting dalam penelitian ini, antara lain:
1.     Realitas Kehidupan
Realitas kehidupan adalah kenyataan hidup, gambaran atau rekaman sikap atau tingkah laku yang terjadi dalam hidup.
2.     Rumah Tangga
Rumah tangga adalah kelompok pertalian keluarga yang di dalamnya terdapat dua orang atau lebih, mereka kerja sama untuk mencapai tujuan rumah tangga itu sendiri.
3.     Novel Dosa Kita Semua
Adalah salah satu prosa fiksi karya Motinggo Busye yang  diterbitkan Balai Pustaka Jakarta cetakan pertama tahun 1986.
H.          Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah novel Dosa Kita Semua karya Motinggo Busye yang diterbitkan Balai  Pustaka Jakarta cetakan pertama tahun 1986.
I.            Sistematika Penulisan
Untuk memperoleh pembahasan yang sistematis, maka komposisi skripsi ini ditulis menjadi lima bagian, yaitu pendahuluan, kajian kepustakaan, metodologi penelitian, analisis data, dan penutup.
Bab I pendahuluan, yang berfungsi sebagai pengantar. Karena sebagai pengantar, maka pada bagian ini disajikan tentang latar belakang masalah, permasalahan yang terdiri atas rumusan masalah, penegasan konsep variabel, deskripsi masalah, dan batasan masalah, tujuan pembahasan, asumsi, alasan pemilihan judul, pentingnya penelitian, penegasan istilah dalam judul, dan sistematika penulisan.
Bab II kajian teori dalam upaya mendeskripsikan secara objektif tentang rumah tangga.
Bab III metodologi penelitian, yang berfungsi untuk menguraikan teknik analisis data untuk mengetahui realitas kehidupan rumah tangga dalam novel Dosa Kita Semua karya Motinggo Busye.
Bab IV hasil penelitian, yaitu menyajikan hasil penelitian yang menguraikan secara rinci analisa data secara deskriptif kualitatif.
Bab V sebagai penutup dari keseluruhan skripsi ini yang berisi kesimpulan dan saran.

SELENGKAPNYA
KLIK DI SINI 
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Judul Skripsi - Kumpulan Contoh Skripsi dan Makalah Pendidikan Bahasa Indonesia di inbox anda:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

 
Design by Blogger Template | Modified by Cara Membuat Blog