Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Skripsi

10 Mei 2011

PENERAPAN KONSEP HITUNG DIFFERENSIAL UNTUK MENYELESAIKAN SOAL-SOAL EKONOMI PADA SISWA KELAS III SMA (BAB I)

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Di dalam Kurikulum Pendidikan Nasional  mulai dari Tingkat Pendidikan Dasar (SD) sampai dengan Tingkat Pendidikan Tinggi, Ilmu Matematika diberikan atau diajarkan kepada siswa. Hal ini menjadi keharusan bagi siswa untuk mempelajari dan memahami ilmu matematika, selain disiplin ilmu yang lainnya.
Matematika merupakan alat untuk menyederhanakan penyajian dan penganalisaan. Dengan menggunakan bahasa matematika, suatu masalah dapat menjadi lebih sederhana untuk disajikan, dianalisa dan dipecahkan.(Dumairy, 1991:IX)
Perlu kita ketahui bahwa matematika merupakan cabang utama dari ilmu filsafat yang menjadi ilmu dari segala ilmu. Dengan demikian, pengajaran matematika menjadi salah satu hal yang pokok dalam menanamkan nilai-nilai dasar ilmu pengetahuan kepada siswa (Ensiklopedi Matematika dan Peradaban Manusia : 2002)
Bukan rahasia umum lagi, bahwa ilmu matematika dikalangan masyarakat khususnya peserta didik kurang diminati, dalam artian bahwa ilmu matematika merupakan pelajaran yang cukup menakutkan bagi sebagian siswa atau peserta didik dari dulu sampai sekarang. Hal ini disebabkan oleh sikap mental peserta didik, yaitu bahwa mereka merasa tidak mampu untuk menguasai dan menganalisa lebih jauh sebelum mereka mempelajarinya terlebih dahulu, sehingga, ilmu matematika dianggap sulit. Hal ini kurangnya informasi-informasi kepada peserta didik tentang pentingnya ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari sehingga motivasi pada diri peserta didik untuk mempelajari matematika tidak ada. Herman Hudoyo, 1990: 99. mengatakan, bahwa sikap tidak menyukai matematika merupakan salah satu hambatan untuk belajar matematika yang efektif. Setiap teori matematika harus memperhitungkan kekuatan matematika, yaitu aplikasinya ke dalam ilmu lain.
Sebagai contoh pada perhitungan pembagian hak waris dalam ilmu fiqih, perhitungan perkembangbiakan sel dan virus dalam ilmu biologi, perhitungan jarak dan kecepatan dalam ilmu fisika, perhitungan perubahan zat radioaktif dalam ilmu kimia, perhitungan rotasi dan revolusi bumi dalam ilmu astronomi, dan sebagainya.
Pada kehidupan sehari-hari ilmu matematika sering dipergunakan dalam bidang ekonomi, misalnya perbankan, pegadaian, asuransi dan sebagainya. Khusus untuk skripsi kali ini, penulis mengangkat judul penerapan hitung differensial pada bidang ekonomi; mengingat pentingnya konsep hitung differensial untuk perhitungan biaya produksi yaitu biaya marginal.

B.     Permasalahan
1.      Rumusan  Masalah
Bertolak dari latar belakang yang telah diuraikan di atas masalah yang dirumuskan dan yang akan dijawab dalam skripsi ini sebagai berikut:  Bagaimana penerapan konsep hitung differensial untuk menyelesaikan soal-soal ekonomi pada sub pokok bahasan Marginal Cost di jurusan IPS pada SMA kelas 3. Semester I ?
2.      Penegasan Konsep
Sesuai dengan judul skripsi yang penulis angkat, maka dapat ditentukan bahwa pada judul ini hanya memeiliki satu variabel.
3.      Deskripsi Masalah
Dari rumusan masalah yang penulis ambil maka dapat penulis gambarkan permasalahan sebagai berikut
a.       Hitung Differensial
1.      Proses untuk memperoleh derivative disebut differensial dari fungsi f(g). Jika  ada, dikatakan bahwa fungsi f dapat dideferensialkan di x1. Proses mencari f dari fungsi f disebut penurunan fungsi f atau didefrensialkan fungsi f. Dikatakan bahwa fungsi f diturunkan atau didefrensialkan untuk mendapat f.
b.   Marginal Cost (Biaya Marginal)
Menurut Ritongga (2003:88) menyatakan bahwa biaya marginal (MC) ialah biaya tambahan yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu unit tambahan produk
Secara matematis fungsi biaya marginal merupakan derivatif pertama fungsi biaya total terhadap Q.
MC = =

Biaya marginal adalah biaya tambahan yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu unit tambahan produk (Ritongga, dkk, 2003: 87)
4.      Batasan Masalah
Agar persoalan yang akan diteliti terfokus dan mendalam serta untuk tidak menimbulkan interpretasi yang lebih luas, maka perlu adanya pembatasan masalah, yaitu :
a.       Untuk materi differensial, dibatasi pada:
Differensial dari suatu fungsi aljabar dengan satu variabel bebas.
b.      Materi hitung Ekonomi pada : Marginal Cost
C.     Tujuan Penelitian
Sesuai dengan masalah di atas, maka tujuan pembahasan dalam skripsi ini untuk memperoleh:
1.      Deskripsi (gambaran) tentang penerapan konsep dan teorema turunan (differensial) dalam analisis ekonomi yang dituangkan dalam bentuk menyelesaikan soal-soal ekonomi.
2.      Deskripsi (gambaran) konsep dan teorema turunan (differensial) yang lebih fleksibel

D.    Kegunaan Penelitian
Setelah peneltian ini dilakukan, diharapkan akan memperoleh manfaat sebagai berikut:
1.      Bagi guru ekonomi, sebagai bahan pertimbangan untuk membimbing dalam belajar ekonomi.
2.      Bagi  peneliti,  hasil  penelitian  ini  dapat  digunakan  sebagai  bekal   terjun ke  dunia  pendidikan  sehingga  nantinya bisa  menjadi guru yang professional
3.      Bagi guru matematika, berbagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas belajar, mengajar pada bidang studi matematika. Khususnya dalam perhitungan differensial.
4.      Bagi peserta didik, sebagai acuan bahwa matematika sangat dibutuhkan oleh ilmu lain, sehingga dapat menghilangkan kesan bahwa ilmu matematika sulit untuk dipelajari.
E.     Alasan Pemilihan Judul
1.      Alasan Objektif
a.       Penerapan konsep hitung differensial sangat berguna untuk menyelesaikan soal-soal ekonomi.
b.      Sejauh pengamatan peneliti judul peneltian tersebut belum ada yang khusus membicarakannya.
2.      Alasan Subjektif
a.       Permasalahan yang diteliti sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuni peneliti.
b.      Objek yang akan diteliti masih dalam batas jangkauan kemampuan yang ada pada  peneliti.
F.      Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup atau area pembahasan skripsi ini adalah pelajaran ekonomi di jurusan IPS pada sekolah menengah umum kelas 3. Semester I
G.    Metodologi Penelitian
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang berusaha menunjukkan gajala-gejala sehingga memberikan gambaran tentang aplikasi turunan (differensial) dalam bidang ekonomi.
Data yang diambil untuk bahan penelitian ini dengan cara mengkaji buku-buku yang ada kaitannya dengan turunan (differensial) ekonomi di jurusan IPS sekolah menengah umum kelas 3 semester I. Selanjutnya, data tersebut dianalisa dan dihubungkan dengan persoalan yang diselidiki.
H.    Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan pada penelitian ini sebagai berikut:
Bab I tentang pendahuluan yang terdiri dari; latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, pentingnya penelitian, alasan pemilihan judul, ruang lingkup penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
Pada Bab II tentang teori pendukung yang berisikan; limit dan turunan (differensial). Pada Bab III tentang pembahasan yang terdiri dari; Aplikasi turunan, (differensial) pada bidang ekonomi.
Selanjutnya pada Bab IV tentang penutup yang terdiri dari; kesimpulan dan saran.

Download Selengkapnya
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Judul Skripsi - Kumpulan Contoh Skripsi dan Makalah Pendidikan Bahasa Indonesia di inbox anda:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Blogger Template | Modified by Cara Membuat Blog