Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Skripsi

22 Mei 2011

ANALISIS KONFLIK KELUARGA DALAM NOVEL TRAUMA MASA LALU KARYA MIRA W. (BAB I)

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

BAB  I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Bahasa merupakan salah satu ciri kekhususan seni sastra. Bahasa dalam seni sastra mengandung banyak tafsir, bersifat ekspresi, tidak hanya menerangkan dan menyatakan apa yang dilakukan, namun bermaksud mempengaruhi sikap pembaca, membujuk dan mengubah pendirian pembaca. Penulis karya sastra pada dasarnya ingin menyampaikan sesuatu, mendialogkan sesuatu, melalui bahasa. Bahasa dalam satra mengandung fungsi utama yaitu fungsi komunikatif (Nurgiyantoro, 1998:272).
Dalam dunia sastra kita mengenal istilah novel yang merupakan bagian dari prosa disamping roman dan cerpen. Prosa merupakan karya sastra yang sering dipertentangkan dengan genre yang lain, misalnya dengan puisi. Namun pertentangan tersebut hanya bersifat teoritis saja. Prosa tidak hanya terbatas pada tulisan yang digolongkan sebagai karya sastra, melainkan juga berbagai karya non fiksi.

1
Sebagai karya sastra, prosa sering disebut fiksi, teks naratif atau wacana naratif. Istilah fiksi dalam pengertian ini merupakan suatu rekaan atau cerita khayalan, sesuatu yang tidak terjadi sungguh-sunguh, sehingga kebenarannya tidak perlu dicari dalam dunia nyata.
Novel merupakan bagian dari prosa memberikan gambaran sangat luas tentang pengalaman dan kepribadian pengarang melalui tokohnya. Novel menggambarkan pengalaman dan keadaan hidup sehari-hari manusia yang mendekati kenyataan, dengan latar belakang kejadian-kejadian di sekelilingnya.
Sebagai karya sastra novel menawarkan berbagai permasalahan baik manusia dengan manusia, manusia dengan kehidupan, serta manusia dengan lingkungannya. Novel merupakan suatu cerita yang di dalamnya membicarakan masyarakat serta permasalahan pada masa itu. Hal ini karena isi novel pada umumnya menggambarkan lingkungan kemasyarakatan serta jiwa tokoh yang hidup pada suatu masa. Oleh karena itu, melalui cerita inilah manusia dapat belajar merasakan dan menghayati permasalahan kehidupan sehingga mampu mendorong setiap manusia untuk ikut merenungkan kehidupan yang berhubungan dengan manusia, lingkungan, maupun orang lain yang berlainan jenis serta tingkat intensitasnya, juga tidak terlepas dari hubungan manusia dengan Tuhan.
Keluarga merupakan kelompok sosial yang bersifat abadi, dikukuhkan dalam hubungan nikah yang memberikan pengaruh keturunan  dan lingkungan sebagai dimensi penting yang lain bagi anak. Keluarga adalah tempat yang penting bagi anak untuk memperoleh dasar dalam membentuk kemampuannya agar kelak menjadi orang berhasil di masyarakat.
Novel “Trauma Masa Lalu” karya Mira W. merupakan novel yang bertemakan keluarga yang di dalamnya menceritakan tentang ketidakharmonisan keluarga dengan berbagai konflik yang timbul. Prasidi sebagai tokoh utama dalam novel ini digambarkan pengarang sebagai seorang dokter dan kesibukannya yang lebih mementingkan tugasnya daripada memperhatikan isterinya. Sita digambarkan pengarang sebagai isteri Prasidi yang menuntut kasih sayang penuh suaminya. Berbagai permasalahan timbul, mulai dari permasalahan yang ditimbulkan oleh Prasidi hingga dengan diadopsinya Marisa menjadi bagian dalam keluarganya. Konflik dalam keluarga Prasidi timbul disebabkan karena  kurang adanya saling pengertian di antara suami isteri, isteri Prasidi menganggap Marisa adalah anaknya Prasidi. Disamping itu Prasidi adanya perselingkuhan Prasidi dengan perempuan lain yang ternyata temannya sendiri.
Sebuah keluarga dapat dikatakan keluarga sejahtera dan bahagia apabila keluarga tersebut telah mencapai kesuksesan dalam hidupnya, baik materiil maupun spirituil. Nilai-nilai kesuksesan tersebut tercermin dalam situasi penuh kebahagiaan dan ketentraman hidup bersama para anggota keluarga. Tampak pula di dalamnya keselarasan, keserasian dan keseimbangan hidup, sehingga dapat menjadi cermin bagi masyarakat sekelilingnya.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti merasa tertarik untuk mengkaji lebih jauh tentang konflik keluarga dalam Novel Trauma Masa Lalu karya Mira W. dengan judul penelitian “Analisis Konflik Keluarga dalam Novel Trauma Masa Lalu karya Mira W”.
B.     Permasalahan
1.      Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar belakang masalah di atas,  dapat dirumuskan suatu masalah  dalam bentuk kalimat tanya sebagai berikut:
-         Apakah faktor-faktor  penyebab konflik keluarga dalam novel Trauma Masa Lalu  karya Mira W.?
2.      Penegasan Konsep Variabel
Untuk menghindari kesalahan persepsi dan perbedaan konsep variabel yang terdapat pada judul, maka perlu adanya penegasan konsep variabel sebagai batasan operasional. Pada dasarnya yang dimaksud variabel adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian (Arikunto, 1987:91). Adapun variabel yang ada dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel yakni konflik keluarga  dalam novel Trauma Masa Lalu karya Mira W.
Konflik keluarga  dalam novel Trauma Masa Lalu karya Mira W. adalah ketegangan atau pertentangan yang terjadi dalam keluarga (pertentangan antar tokoh) dalam novel Trauma Masa Lalu karya Mira W.
3.      Deskripsi Masalah
Konflik adalah sesuatu yang tidak menyenangkan (konotasi yang negatif). Itulah sebabnya orang lebih suka memilih menghindari konflik dan menghendaki kehidupan yang tenang.
Pengertian keluarga dapat diartikan sebagai suatu kelompok pertalian nasab keluarga yang dapat dijadikan tempat untuk membimbing anak-anak, dan untuk pemenuhan kebutuhan hidup lainnya (Solih, 1994:11).
Paul B. Horton dalam Solih (1994:12) menjelaskan lebih jauh bahwa apabila kita berbicara tentang keluarga, maka kita berfikir tentang suami isteri, anak-anaknya, dan kadang-kadang kerabatnya yang berada diluar keluarga tersebut yang disebut “conjugal family” sepanjang berpusat kepada sepasang suami isteri (perkawinan).
Dalam suatu keluarga tidak ada yang tidak menghadapi masalah, terlepas dari siapa yang tidak melaksanakan kewajiban di antara suami isteri, namun seringkali terjadi ketidakpuasan di antara kedua belah pihak atau kedua-duanya merasa tidak puas, hal ini yang disebut dengan konflik.
Faktor-faktor timbulnya konflik dalam keluarga yang mengakibatkan timbulnya kegoncangan kemungkinan bersumber dari: (1) Suami isteri itu sendiri, (2) pengaruh negatif dari orang tua, (3) pengaruh dari anggota keluarga, dan (4) pengaruh dari luar (Solih, 1994:20).
4.      Batasan Masalah
Dengan memperhatikan waktu, tenaga, biaya dan kesempatan pada diri peneliti, maka permasalahan dalam penelitian ini perlu dibatasi, yaitu pada:  (1) Suami isteri itu sendiri, (2) pengaruh dari anggota keluarga, dan (3) pengaruh dari luar. Hal ini dilakukan mengingat kompleksnya masalah yang ada serta untuk memperoleh pembahasan lebih rinci dan detail maka masalah pengaruh negatif dari orang tua tidak dibahas dalam penelitian ini.
C.     Tujuan Pembahasan
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi obyektif tentang faktor penyebab konflik keluarga dalam Novel Trauma Masa Lalu  karya Mira W.
D.    Asumsi
1.      Semua karya sastra yang berbentuk novel menggambarkan pengalaman peristiwa yang terjadi sehari-hari yang bersifat kebetulan dan dialami oleh sang tokoh.
2.      Novel  Trauma Masa Lalu menggambarkan sebuah kehidupan yang terjadi dalam keluarga, sehingga dalam novel ini dikaji keberadaan faktor penyebab konflik keluarga.
E.     Manfaat Penelitian
Penelitian ini penting karena hasilnya berguna untuk :
1.      Memberikan wawasan yang objektif terhadap pengkajian sastra, sehingga mampu memberikan pengetahuan tentang keilmuan, pemahaman, dan penghayatan sebuah karya sastra khususnya tentang konflik keluarga.
2.      Referensi bagi kegiatan apresiasi sastra khususnya karya sastra.
3.      Membeikan bimbingan bagi keluarga tentang faktor penyebab konflik keluarga
F.      Alasan Pemilihan Judul
1.      Alasan Objektif
a.       Menurut peneliti masalah ini belum pernah diteliti, sehingga peneliti merasa tertarik untuk menganalisis novel Trauma Masa Lalu karya       Mira W.
b.      Untuk mengembangkan kajian karya sastra, dalam hal ini novel Trauma Masa Lalu karya Mira W.

2.      Alasan Subjektif
a.       Peneliti ingin mengembangkan pemikiran dalam memahami sebuah karya satra khususnya prosa.
b.      Peneliti menemukan banyak literatur yang relevan sehingga memudahkan peneliti untuk mengadakan penelitian.
G.          Pengertian Istilah dalam Judul
Pengertian istilah dalam judul ini dimaksudkan agar tidak terjadi salah penafsiran terhadap pokok-pokok masalah yang terdapat dalam penelitian ini. Beberapa istilah penting dalam penelitian ini antara lain :
1.      Analisis
Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan atau perbuatan) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya;  penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya untuk memperoleh pengertian yang tepat (KBBI, 1997 : 22).
2.      Konflik
Adalah ketegangan atau pertentangan di dalam cerita rekaan atau drama (pertentangan antara dua kekuatan, pertentangan dalam diri satu tokoh, pertentangan antara dua tokoh, dsb) (KBBI, 1997:518).


3.      Keluarga
Keluarga adalah suatu kelompok pertalian nasab keluarga yang dapat dijadikan tempat untuk membimbing anak-anak, dan untuk pemeuhan kebutuhan hidup lainnya (Solih, 1994:11).
4.      Novel Trauma Masa Lalu.
Novel Trauma Masa Lalu  adalah salah satu novel karya Mira W. yang diterbitkan pertama kali oleh PT Gramedia Pustaka Utama pada Maret 1995.
H.          Sistematika Penulisan
Bab I, Pendahuluan yang berfungsi sebagai latar belakang yang terdiri dari : Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Penegasan Konsep Variabel, Deskripsi Masalah, Pembataasn Masalah, Tujuan Penelitian, Asumsi, Manfaat Penelitian, Alasan Pemilihan Judul, Pengertian Istilah dalam Judul,   dan Sistematika Penulisan. Melalui bab satu ini diharapkan mendapat gambaran sekilas tentang skripsi yang akan dibahas.
Bab II, Kajian Kepustakaan yang berfungsi sebagai landasan teori dalam usaha mendeskripsikan tujuan yang hendak dicapai point-point bab I.
Bab III, membahas metodologi penelitian yang dipergunakan dalam penelitian, terdiri dari: Rancangan Penelitian, Teknik Pengambilan Data Penelitian. Untuk menemukan atau mengetahui konflik keluarga dalam novel Trauma Masa Lalu karya Mira W.
Bab IV, hasil penelitian yang mengurai secara rinci tentang analisis data secara deskripsi kualitatif.
Bab V, berisi kesimpulan sebagai hasil dan manfaat yang diperoleh dari keseluruhan penelitian.

Download Selengkapnya
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Judul Skripsi - Kumpulan Contoh Skripsi dan Makalah Pendidikan Bahasa Indonesia di inbox anda:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

 
Design by Blogger Template | Modified by Cara Membuat Blog