Facebook Twitter Digg
Feed Contoh Skripsi

27 April 2011

Tinjauan Semantik Wacana Headline News di Jawa Pos (Bab I)

Bagikan ke Teman

Apakah Artikel ini bermanfaat?

TINJAUAN SEMANTIK
WACANA HEADLINE NEWS DI JAWA POS

BAB   I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
                    Semantik adalah studi tentang makna yang tersirat dalam kalimat yang menjadi objek pembahasan dalam sebuah tulisan (Mansoer Pateda , 2001: 6), dan ada juga yang berpendapat bahwa semantik merupakan pusat studi tentang pikiran manusia dalam bentuk berpikir, kognisi, dan konseptual dengan ini saling berkaitan dengan cara kita mengklasifikasikan dan mengemukakan pengalaman kita tentang dunia nyata ini melalui bahasa, (Geoffrey leech , 2003 : 1). Oleh karena itu semantik merupakan penghubung bahasa dengan dunia nyata sesuai dengan kesepakatan pemakainya sehingga dalam keseluruhan semantik memiliki tiga tingkatan, pertama makna menjadi abstraksi dalam kegiatan bernalar secara logis sehingga membuahkan proposisi, kedua makna menjadi isi dari sebuah bentuk kebahasaan, ketiga makna menjadi komunikasi yang mampu membuahkan informasi tertentu.
Oleh karena itu keberadaan semantik sangat dibutuhkan untuk membentuk pemahaman yang objektif apalagi semantik yang berhubungan dengan wacana, semantik yang berhubungan dengan wacana ini memerlukan teori yang mendasar atau dalam lingkungan mana semantik itu dibahas, hal ini tercantum dalam jenis-jenis semantik yaitu :
1.     Semantik Behavioris : makna berada dalam rentangan stimulus dan respon antara rangsangan dan jawaban.
2.     Semantik Diskriptif : kajian semantik yang khusus memperhatikan makna yang sekarang.
3.     Semantik Generatif : Kajian semantik yang khusus memperhatikan makna yang muncul dalam kalimat.
4.     Semantik Gramatikal : Semantik yang khusus mengkaji makna yang terdapat dalam satuan kalimat.
5.     Semantik Leksikal : kajian semantik yang lebih memuaskan pada pembahasan sistem makna yang terdapat dalam kata.
6.     Semantik Struktural : kajian semantik yang mengatakan setiap bahasa adalah sebuah sistem.
 Dari jenis semantik tersebut maka sebuah wacana semantik sangat berpengaruh sekali untuk menentukan makna sebuah wacana yang sebenarnya, karena pada dasarnya makna semantik adalah sebagai salah satu komponin bahasa yang banyak diperhatikan orang karena objek studinya adalah makna, makna sebagai objek studi semantik ini memang  sangat rumit  sebab semantik sebagai komponin bahasa  yang tidak boleh dilepaskan dalam pembicaraan linguistik, pembahasan linguistik belum dianggap lengkap tanpa mengetahui semantik karena sesungguhnya tindakan berbahasa itu tidak lain dari upaya untuk menyampaikan makna-makna yang bisa menyampaikan maksud dari sebuah wacana disamping itu semantik bukan hanya membahas persoalan-persoalan bahasa saja akan tetapi juga membahas persoalan luar bahasa yang bergantung  dari bidang apa yang kita geluti dalam tugas sehari-hari,  seperti bagi wartawan, reporter, atau orang-orang yang berkecimpung dalam dunia persuratkabaran dan pemberitaan, mereka akan memperoleh mamfaat praktis dari pengetahuan mengenai semantik, pengetahuan semantik akan memudahkan dalam memilih dan menggunakan kata dengan makna yang tepat dalam menyampaikan informasi kepada masyrakat  umum.
Dan bagi mereka yang berkecimpung dalam penelitian bahasa seperti orang yang belajar   tentang sastra, pengetahuan semantik akan banyak memberi bekal teoritis kepadanya untuk dapat menganalisis bahasa–bahasa yang sedang dipelajarinya  sedangkan  bagi seorang guru  pengetahuan mengenai semantik akan mmeberi mamfaat teoritis karena  sebagai guru bahasa harus mempelajari dengan sungguh-sungguh bahasa yang akan diajarkannya  dengan bertujuan memberi pemahaman bahasa yang baik dan benar, dan mamfaat praktis  akan diperolehnya bagi seorang guru berupa kemudahan dalam mengajarkan bahasa kepada muridnya karena seorang guru sudah banyak menguasai pengetahuan teori-teori semantik,  tanpa pengetahuan ini seorang guru tidak akan dapat dengan tepat menjelaskan perbedaan dan persamaan semantik antara dua buah bentuk kata, serta bagaimana menggunakan kedua  bentuk kata yang mirip dengan baik dan benar, maka dari itu  semantik sangat berpengaruh sekali untuk menentukan arti sebuah wacana dalam segala aspek kehidupan, wacana ini adalah  wacana yang penggunaan bahasanya di dalam komunikasi tulisan ( Abdul Rani,2006:5), dengan ini  wacana merupakan satu kesatuan dari semantik karena untuk mengetahui sebuah wacana diperlukan pembelajaran dan pemahaman tentang semantik, maka dari itu tinjauan semantik ini kami arahkan kepada wacana Headline News di Jawa Pos tanggal 2 sampai 7 April 2007 karena wacana Headline News adalah wacana pokok dalam pemberitaan yang sangat diperlukan untuk dibacanya. Dengan ini kami akan menganalisis semantik Wacana Headline News di Jawa Pos tanggal  2 sampai 7 April 2007 untuk lebih memehami tekstual atau kontekstual dari Headline News baik semantik behavioris, deskriptif, generatif, gramatikal, leksikal dan struktural.

B.     Permasalahan
         1. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dirumuskan masalah sebagai berikut : apa makna Wacana Headline News di Jawa Pos tanggal  2 sampai 7  April  2007.
2. Penegasan Konsep Variabel
Untuk menghindari kesalahan persepsi dan perbedaan konsep serta memperjelas konsep variabel yang terdapat dalam penelitaian ini maka dari itu perlu adanya penjelasan konsep variabel  sebagai batasan operasional.
Pada dasarnya yang dimaksud variabel adalah objek penelitian yang menjadi titik perhatian dalam suatu penelitian, (Suharsimi Arikuntu,1998; 99) berdasarkan pendapat tersebut maka dalam penelitian ini hanya terdapat satu variabel yaitu “ Tinjauan Semantik Wacana Headline News di Jawa Pos  tanggal  2 sampai 7  April  2007 “, Tinjauan Semantik  dalam penelitian ini adalah sebuah tinjauan semantik leksikal dan struktural terhadap Wacana Headline News di Jawa Pos  tanggal  2 sampai 7  April  2007 ”.
        3. Deskripsi Masalah
Setelah melihat rumusan masalah di atas maka penelitian akan menganalisis Tinjauan Semantik Wacana Headline News di Jawa Pos tanggal 2 sampai 7 April 2007, adapun tinjauan semantik ini banyak hal yang perlu dijadikan tolak ukur untuk menganalisis hal tersebut seperti semantik behavioris, deskriptif, generatif, gramatikal, leksikal dan  semantik structural.  Dalam hal ini peneliti analisis Wacana Headline News di Jawa Pos tanggal 2 sampai 7 April  2007 dengan beberapa karakteristik :   a) Tindakan,  b) Konteks,  c) Historis,  d) Kekuasaan Ideologi,  e) Pendekatan utama dalam wacana. Dengan demikian rumitnya tinjauan ini maka semantik dan wacana sebagai komponen bahasa yang sangat menentukan suatu tinjauan ini, karena semantik dan wacana merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari linguistik  yang mampu mengungkapkan hakikat bahasa secara sempurna dan memahami proses lain yang berkaitan dengan bahasa, dengan tujuan pemakai bahasa agar sesuai dengan konteks pemakaiannya dan situasi yang berkembang di sekitar pemakai bahasa (peristiwa produksi maupun resepsi bahasa ) yang bisa diterima oleh masyrakatnya .
        4. Pembatasan Masalah
Berdasarkan paparan pada deskripsi masalah tidak semua semantik dipakai untuk menganalisis wacana Headline News di Jawa Pos tanggal 2 sampai 7 April 2007  pada penelitian ini, namun peneliti hanya membatasi pada semantik leksikal dan Struktural terhadap Wacana  Headline News di Jawa Pos tanggal  2 sampai 7 April 2007.
C.    Tujuan Penelitian
 Berdasarkan rumusan masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi objektif tentang semantik leksikal dan Struktural terhadap Wacana Headline News di Jawa Pos tanggal  2 terhadap 7 April 2007.
D.     Asumsi
Penelitian didasarkan pada sejumlah asumsi  sebagai berikut
1. Wacana Headline News adalah salah satu bentuk berita yang sengaja disajikan untuk maksud dan tujuan-tujuan tertentu.
2.  Sebagai sebuah bentuk wacana, keberadaan  Headline News tentu mengandung semantik yang mempunyai jenis-jenis  tersendiri sehiingga pembaca mudah untuk memahami surat kabat tersebut .
E.     Pentingnya Penelitian              
         Penelitian ini penting karena hasilnya berguna bagi :
  1. peneliti : Penelitian ini bermanfaat dalam rangka mengembangkan wawasan keilmuan yang diperoleh di bangku kuliah .
2.    Pembelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai bahan tambahan pada model pembelajaran yang menggunakan pendekatan komunikatif sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik dan sempurna .
  1. Pembaca koran / pemerhati Bahasa Indonesia sebagai acuan untuk membaca dan   memahami Wacana Headline News .
F.     Alasan Pemilihan Judul
1. Alasan Objektif
             a. Semantik merupakan masalah paling pokok dalam komunikasi .
             b. Wacana Headline News sebagai salah satu dari kegiatan komunikasi yang     berupaya untuk memanfaatkan potensi bahasa semaksimal mungkin .
2. Alasan Subjektif
a. Menurut peneliti judul ini belum pernah diteliti, oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti, mengadakan telaah dan analisis terhadap semantik leksikal dan Struktural terhadap Wacana Headline News di Jawa Pos tanggal 2 sampai 7 April 2007.
b. Peneliti ingin mengembangkan pemikiran dan pengalaman yang berkenaan       dengan semantik leksikal dan struktural dalam segala pemanfaatannya terhadap Wacana Headline News terutama yang ada di Jawa Pos  tanggal 2 sampai 7 April  2007.
G.     Pengertian  Istilah  dalam  Judul 
Penegasan dalam istilah ini dilakukan agar tidak ada penafsiran yang salah terhadap pokok- pokok permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini.
-         Tinjauan : adalah suatu pandangan pokok yang mengacu pada suatu permasalahan yang bersifat umum .
     ( Kamus Besar bahasa Indonesia, 1990: 22 )
-         Semantik : adalah bagian tata bahasa yang menyelidiki tentang makna atau arti kata dalam bentuk languistik ( abdul Chaer,1994 : 5 ) .
-         Wacana adalah merupakan suatu penggunaan  bahasa  dalam komunikasi  baik lisan maupun tulisan ( abdul tani, 2006 : 5 ) .
-         Headline News adalah sederetan kata atau kalimat yang memuat bagian-bagian terpenting di dalam media yang berisi berita   (Mohammed Farid, 1983 :223)
H.     Ruang Lingkup Penelitian
        Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah sebuah Wacana Headline News di Jawa  Pos tanggal  2 sampai 7 April 2007 yang meliputi  :                   a). penelitian ini akan menganalisis inti dari sebuah berita  b). menganalisis pragraf yang ada kaitannya dengan judul  c).  Kata-kata pilihan yang relevan yang menunjukkan makna leksikal dan makna struktural .
I        Sistematika Penulisan
Sistematika dalam penulisan skripsi ini terdiri dari lima bagiamn yaitu :
Bab I pendahuluan yang berisi latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian, asumsi, pentingnya penelitian, alasan pemilihan judul, pengertian istilah dalam judul, Ruang lingkup penelitian, sistematika  penulisan .
Bab II kajian kepustakaan, pada bab ini akan membahas:
1.       kajian tentang Semantik Wacana Headline News di Jawa Pos tanggal 2 sampai 7 April 2007 meliputi :
a. Pengertian Semantik
b.Tujuan mempelajari Semantik
               c. Jenis-jenis Semantik
2        Kajian wacana Jurnalistik meliputi :
a.       Pengertian Wacana
b.      Pengertian Wacana Jurnalistik
c.      Jenis-jenis wacana Jurnalistik
3    Kajian wacana Jurnalistik pada surat Kabar Jawa Pos .
      a.  Jenis-jenis wacana di Jawa Pos
      b.  Pengertian Headline News
      c    Headline News di Jawa Pos
4..  Hubungan semantik dengan Headline News sebagai sebuah wacana.
Bab III membahas tentang metode penelitian yang akan digunakan dengan menguraikan teknik pengambilan data dan analisis data untuk menemukan atau mengetahui semantik Leksikal  dan Struktural dalam Wacana Headline News di Jawa Pos tanggal 2 sampai 7 April 2007 .
Bab IV  Disajikan hasil penelitian yang menguraikan secara rinci tentang analisis data  secara deskriptif kualitatif kemudian ditutup dengan Bab V yaitu penutup yang berisi kesimpulan dan saran sebagai hasil dan manfaat yang dapat dipetik dari keseluruhan penelitian .
SELENGKAPNYA
KLIK DI SINI 
Dengan memasukkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Judul Skripsi - Kumpulan Contoh Skripsi dan Makalah Pendidikan Bahasa Indonesia di inbox anda:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Blogger Template | Modified by Cara Membuat Blog